KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SMA MUJAHIDIN PONTIANAK

Main Authors: Amalia, ., ., Syambasril, Wartiningsih, Agus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11180
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11180/10616
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks menggunakan media audiovisual pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Mujahidin Pontianak tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Penelitian dilakukan pada 35 orang siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa dari 35 siswa ada 18 siswa yang memperoleh nilai yang tuntas dan 17 siswa tidak tuntas, nilai rata-rata siswa yaitu 70,05 rata-rata peningkatan mencapai 8,04. Pada siklus II menunjukan bahwa dari 35 siswa ada 25 siswa yang memperoleh nilai yang tuntas dan 10 siswa tidak tuntas, nilai rata-rata kelas siswa yaitu 76,34 rata-rata peningkatan mencapai 6,3. Kata Kunci : Menulis, Teks Eksplanasi Kompleks, Media Audiovisual. Abstract: This research is aimed to improve complex explanation text writing ability by using audiovisual media of Students XI MIA 2 of SMA Mujahidin Pontianak in academic year of 2014/2015. The method that is applied in this research is descriptive method. This research is conducted to 35 students. The research finding in cycle I showed 18 students of 35 students passed the minimum standard and 17 students did not, the students’ average 70.05, it was improved 8.04. In the cycle II, it was found that 25 students of 35 students passed the minimum standard and 10 students did not, the average score of all students was 76.34, the average improved 6.3. Keywords: Writing, Complex Explanation Text, Audiovisual Media