PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK
Main Authors: | Rafika, Umi, Heryana, Nanang, Muzammil, Ahmad Rabiāul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11109 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11109/10561 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan berbicara siswa kelas XI IIS 3 SMA Kemala Bhayangkari 1 Pontianak tahun pelajaran 2014/2015. Lemahnya kemampuan berbicara tersebut didasari oleh sulitnya siswa dalam menentukan topik berbicara sehingga menurunkan rasa percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya secara lisan. Latar belakang tersebut sekaligus menjadi fokus masalah dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Viktorina Buri S.Pd., siswa kelas XI IIS 3 SMA Kemala Bhayangkari 1 Pontianak, RPP dan lembar observasi. Prosedur penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan. Hasil belajar keterampilan berbicara yang didapatkan setelah dilakukan dua siklus tindakan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata saat observasi awal adalah 59,8. Setelah dilakukan tindakan siklus I, meningkat menjadi 78,1 dan siklus II 85,8. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran time token mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menentukan topik berbicara sehingga merangsang keberanian siswa untuk menyampaikan pendapatnya secara lisan. Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Time Token. Abstract: This research was based on the lack of speech skill of XI IIS 3 grade students SMA Kemala Bhayangkari 1 Pontianak academic year 2014/2015. The lack of students speech skill caused by students hard to choose conversation topic so they became unconfident to show their ideas orally. That backgroud was the focus of this research. The method of this research was descriptive. Data resources were from Viktorina Buri, S.Pd. as Bahasa Indonesia teacher, XI IIS 3 grade students of SMA Kemala Bhayangkari 1 Pontianak, RPP, and observation papers. This research procedure was Classroom Action Research (PTK). This research was done in two cycles. Students achievement of speech skill improved after two cycles. Mean score on observation time was 59,8. After cycle I the mean score was 78,1 and mean score of cycle II was 85,8. Based on this fact, researcher can conclude that time token method can improve the students speech skill on choosing the conversation topic so that they have courage to show their ideas orally. Key Words: Speech Skill, Time Token Method.