PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMP
Main Authors: | Putri, Nopa Ratna, ., Edy Tandililing, ., Syukran Mursyid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1110 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1110/pdf http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1110/pdf_1 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/downloadSuppFile/1110/166 |
Daftar Isi:
- A bstrak: Penelitian ini tentang Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Hukum Newton Di SMP bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode demonstrasi dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton Di SMP. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental design dengan bentuk one-group Pretest dan posttest Design. Sampel diambil secara acak menggunakan teknik intact group (kelompok utuh) sebanyak 26 siswa. Tes yang digunakan tes pilihan ganda dengan tiga alternative jawaban yang disertai alasan sebanyak 12 soal pada pretest dan posttest untuk mengetahui rata-rata persentase miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah diberikan metode demonstrasi terdapat penurunan miskonsepsi siswa sebesar 19,87% pada tes awal (pretest) dan tes akhir ( posttest). Dengan demikian penerapan metode demonstrasi efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton. Metode demonstrasi dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan remediasi untuk memperbaiki miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton. Kata kunci: remediasi, miskonsepsi, metode demonstrasi, efektifitas A bstract: In this research study about "Implementation Demonstration Method of Meremediation misconceptions on the students of Newtons Law in the junior high school. In this research of the method using pre- Experimental design by using one group pretest and posttest design. In the sample taken by using random and used intact group technique (intact group) about 26 students. The test used a multiple choice by using three alternative answered with the reason about 12 questions in the pretest and posttest to known the result of average in percentage misconception on the students in the Newtons Law. The result of data analysis showed to given of demonstration method in misconception on the students about 19,87% for the first test to the effectiveness in misconception of remediation on the students on Newton Law in the material. The demonstration of the method can be used as an alternative to applied misconception of the remediation on the students in the Newtons Law in the material. Keywords: remediation, misconceptions, demonstration methods, effectiveness