PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA

Main Authors: Wirayat, Agung, H. Matsum, Junaidi, ., Okianna
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11079
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11079/10543
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 4 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian yaitu studi hubungan. Sampel pada penelitian ini adalah 52 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh signifikan kepada hasil belajar sebesar 10%. Pengaruh ini tergolong kecil dikarenakan luasnya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar serta siswa yang masih ragu pada diri sendiri dan belum sepenuhnya siswa jujur dalam mengisi angket penelitian. Untuk hasil belajar rata-rata nilai siswa masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata yaitu 81,42. Kata kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Abstract: This study aims to determine the independent learning and student learning result on economic subjects in class XI SMA IIS 4 Pontianak . The method used is descriptive research method with a form of research that studies the relationship . Samples in this study were 52 students . Results of the data analysis showed that independent learning have a significant effect on the results of learning by 10 % . This influence is small due to the breadth of the factors that influence learning outcomes as well as students who are still unsure of myself and the students have not been fully honest in filling out the questionnaire research . For the study the average student scores well in the category with an average score is 81.42 Keywords : Independent learning, Learning Result