HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA SMP NEGERI 1 KENDAWANGAN

Main Authors: ., Wiwindasari, Sulissusianwan, Ahadi, ., Syambasril
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11067
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11067/10528
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk kuantitatif.Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 33 siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil perhitungan kebiasaan membaca siswa mencapai 81,61%. Ketercapaian tersebut masuk dalam kategori baik. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil perhitungan kemampuan menulis siswa mencapai 76,12% . Ketercapaian tersebut menunjukan kategori baik. Hasil dari perhitungan korelasi dengan rumus product moment bahwa hasil tersebut 0,62% dengan kategori kuat. Kata Kunci: kebiasaan membaca, kemampuan menulis Abstract: This research aims to know relation between reading habit and students’ ability to write fabel in 8th grader, SMP Negeri 1, Kendawangan sub district, Ketapang Regency, study year of 2014/2015. The method used in this research is descriptive-qualitative. Samples taken for this research are 33 students. The result shows that students’ reading habit calculation reaches 81,61%. The score falls under category good. The analysis result shows that students’ writing ability calculation reacheas 76,12%. That score falls under category good. Result of corelation calculation with product moment is 0,62%, which falls under category strong. Keywords: reading habit, writing ability