PENGUBAHAN TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Authors: Herisoni, Eligia, Sulissusiawan, Ahadi, Ramdani, Deden
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10947
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10947/10442
ctrlnum article-10947
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGUBAHAN TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA</title><creator>Herisoni, Eligia</creator><creator>Sulissusiawan, Ahadi</creator><creator>Ramdani, Deden</creator><description lang="en-US">Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang jelas dan dapat dipercaya mengenai pengubahan teks wawancara menjadi karangan argumentasi pada siswa SMP Kristen Maranatha Pontianak yang terdiri dari&#xA0; penggunaan ejaan yang disempurnakan, penulisan kata, penggunaan diksi, penggunaan kalimat efektif, dan kesesuaian karakteristik karangan argumentasi dengan teks wawancara. Penelitian ini menggunakan motode deskriptif dengan bentuk penelitian kombinasi. Prosedur dalam penelitian adalah pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tidak langsung dengan studi dokumenter. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa Pengubahan Teks Wawancara Menjadi Karangan Argumentasi pada Siswa SMP Kristen Maranatha Pontianak sebagai berikut. Pertama, penggunaan huruf kapital dikategorikan baik dengan persentase 78,12%. Kedua, penulisan kata dikategorikan baik dengan persentase 90,62%. Ketiga, penggunaan tanda baca dikategorikan baik dengan persentase 89,58%. Keempat, penggunaan diksi dikategorikan cukup dengan persentase 70,31%. Kelima, pengunaan kalimat efektif dikategorikan cukup dengan persentase 58,33%. Keenam, kesesuaiaan karakteristik karangan argumentasi dengan teks waancara dikategorikan baik dengan persentase 90,62%. &#xA0; Kata Kunci: Pengubahan, Teks&#xA0; Wawancara, Karangan, Argumentasi &#xA0; Abstract: This study aimed to obtain information that is clear and credible on changing the text of the interview into a bouquet of arguments in Pontianak Maranatha Christian junior high school students consisting of the use of the enhanced spelling, spelling, diction use, effective use of the phrase, and the suitability of the characteristic bouquet of arguments with the text of the interview. This research uses descriptive method possible to form a combination. Based on the data analysis, the write found that The Modification of Iterview Text Become an essay of Argumentation on Eighth Grade Student at SMP Kristen Maranatha Pontianak is as follow; First, the use of capitalization is good in which is 78.12%. Second, writing words categorized either by percentage 90.62%. Third, the use of punction is good in wich is 89. 58%. Fourth, the use of diction is enough in which is 70.31%. Fifth,&#xA0; use of effective sentence categorized simply by percentage of 58.33%. Sixth, the compatibility of the wreth argument with interview text is good in which is 90,62%. &#xA0; &#xA0; Key words: Modification, Interview Text, Essay, Argemtation</description><publisher lang="en-US">Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2015-08-05</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10947</identifier><source lang="en-US">Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 4, No 8 (2015): AGUSTUS 2015</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10947/10442</relation><recordID>article-10947</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Herisoni, Eligia
Sulissusiawan, Ahadi
Ramdani, Deden
title PENGUBAHAN TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
publisher Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
publishDate 2015
url http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10947
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10947/10442
contents Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang jelas dan dapat dipercaya mengenai pengubahan teks wawancara menjadi karangan argumentasi pada siswa SMP Kristen Maranatha Pontianak yang terdiri dari penggunaan ejaan yang disempurnakan, penulisan kata, penggunaan diksi, penggunaan kalimat efektif, dan kesesuaian karakteristik karangan argumentasi dengan teks wawancara. Penelitian ini menggunakan motode deskriptif dengan bentuk penelitian kombinasi. Prosedur dalam penelitian adalah pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tidak langsung dengan studi dokumenter. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa Pengubahan Teks Wawancara Menjadi Karangan Argumentasi pada Siswa SMP Kristen Maranatha Pontianak sebagai berikut. Pertama, penggunaan huruf kapital dikategorikan baik dengan persentase 78,12%. Kedua, penulisan kata dikategorikan baik dengan persentase 90,62%. Ketiga, penggunaan tanda baca dikategorikan baik dengan persentase 89,58%. Keempat, penggunaan diksi dikategorikan cukup dengan persentase 70,31%. Kelima, pengunaan kalimat efektif dikategorikan cukup dengan persentase 58,33%. Keenam, kesesuaiaan karakteristik karangan argumentasi dengan teks waancara dikategorikan baik dengan persentase 90,62%. Kata Kunci: Pengubahan, Teks Wawancara, Karangan, Argumentasi Abstract: This study aimed to obtain information that is clear and credible on changing the text of the interview into a bouquet of arguments in Pontianak Maranatha Christian junior high school students consisting of the use of the enhanced spelling, spelling, diction use, effective use of the phrase, and the suitability of the characteristic bouquet of arguments with the text of the interview. This research uses descriptive method possible to form a combination. Based on the data analysis, the write found that The Modification of Iterview Text Become an essay of Argumentation on Eighth Grade Student at SMP Kristen Maranatha Pontianak is as follow; First, the use of capitalization is good in which is 78.12%. Second, writing words categorized either by percentage 90.62%. Third, the use of punction is good in wich is 89. 58%. Fourth, the use of diction is enough in which is 70.31%. Fifth, use of effective sentence categorized simply by percentage of 58.33%. Sixth, the compatibility of the wreth argument with interview text is good in which is 90,62%. Key words: Modification, Interview Text, Essay, Argemtation
id IOS1805.article-10947
institution Universitas Tanjungpura
institution_id 65
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Tanjungpura
library_id 605
collection Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
repository_id 1805
subject_area Pendidikan
city PONTIANAK
province KALIMANTAN BARAT
repoId IOS1805
first_indexed 2017-08-19T21:12:27Z
last_indexed 2017-08-19T21:12:37Z
recordtype dc
_version_ 1767012379372027904
score 17.538404