PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Authors: Sasridinatasari, Reni, Halidjah, Siti, Margiati, K.Y
Format: Article info application/pdf eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1092
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1092/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan metode inkuiri pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Negeri 04 Pontianak Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas, sifat penelitian kolaboratif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Pontianak Barat. Data yang terkumpul dianalisis dengan hitungan persentase. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Data yang diperoleh pada aktivitas fisik siklus I 46,96% naik sebesar 23,49% atau menjadi 70,45% pada siklus II. Data yang diperoleh pada aktivitas mental siklus I 40,90% naik sebesar 31,81% atau menjadi 72,73%. Data yang diperoleh pada aktivitas emosional siklus I 46,96% naik sebesar 33,34% atau menjadi 80,33%. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Kecamatan Pontianak Barat. Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Metode Inkuiri. Abstract : This research aimed to describe the increase in the student activity using the inquiry method in teaching Natural Sciences Elementary School 04 West Pontianak. The research method used is descriptive method. Form of research is class action research, collaborative research with the nature of the study design class act. Subjects were students of class IV Elementary School 04 West Pontianak. The collected data were analyzed by counting the percentage. The research was conducted by 2 cycles. The data obtained in the first cycle of physical activity 46.96% increased by 23.49% or to be 70.45% in the second cycle. The data obtained in the first cycle of mental activity 40.90% increased by 31.81% or to be 72.73%. The data obtained in the first cycle of emotional activity of 46.96% increased by 33.34% or to be 80.33%. From the above data it can be concluded that by using the inquiry method can increase the activity of students in the Natural Sciences learning class IV Elementary School District 04 West Pontianak. Keywords: Student Activities, Methods Inquiry.