HUBUNGAN PEMBERIAN MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SMA SWASTA
Main Authors: | Pandi, Abdul, ., Aunurrahman, Suib, Masluyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10903 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10903/10400 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan pemberian motivasi kerja kepala sekolah, kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Swasta di Kecamatan Sungai Kakap. Metode penelitian menggunakan deskriptif dan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan instrument. Sampel penelitian adalah guru SMA Swasta sebanyak 50 responden. Instrument terdiri dari tiga variabel yaitu pemberian motivasi kerja kepala sekolah, kepemimpinan situasional kepala sekolah dan kinerja guru. Hasil analisis didapat beberapa temuan. Pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian motivasi kerja kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru (Y) SMA Swastan dengan t hitung (2,089) > t table (2,000) dan signifikansi atau probabilitas (0,04) < (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan situasional kepala sekolah (X2) dengan kinerja guru (Y) SMA Swasta Karena t hitung (2,247) > t table (2,000) dan signifikansi atau probabilitas (0,04) < (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian motivasi kerja (X1) dan kepemimpinan situasional kepala sekolah (X2) secara bersama-sama dengan kinerja guru (Y) dengan nilai F hitung (1,979) > F tabel (1,684) dan nilai signifikan (0,005) < (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Motivasi, Kepemimpinan Situasional, Kinerja Guru Abstract: This study aims to reveal a relation of principal’s work motivationand situational leadership principals with the private high school teachers in Sungai Kakap,This research is using descriptive method and data collections by using questionnaire instrument. The samples are private high school teachers with 50 respondents. The instrument consists of three variables they are principal's work motivation, situational leadership principals and teachers’ performance. The analysis results obtained some findings. First , there is a significant correlation between the principal's job motivation (X1) with the performance of private high school teachers (Y) in with t (2.089) > t table (2.000) and significance or probability (0.04) < (0.05) , then Ho is rejected and Ha accepted . Secondly , there is a significant relationship between situational leadership principals (X2) with teacher performance (Y) Private School Due t (2.247) > t table (2.000) and significance or probability ( 0.04 ) < ( 0.05 ) , then Ho is rejected and Ha accepted. Third, there is a significant correlation between job motivation (X1) and situational leadership principals (X2) together with the performance of teachers (Y) with F count (1,979) > F table (1.684) and significant values (0.005) < (0.05) , then Ho rejected and Ha accepted. Key words: Motivation, Situational Leadership,Teacher Performance.