PENGARUH PENERAPAN METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV
Main Authors: | F37011024, Riati, ., Kaswari, Sabri, Tahmid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10775 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10775/10297 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10775/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode latihan (drill) terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 17 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVB (kelas eksperimen) berjumlah 27 orang dan siswa kelas IVB (kelas kontrol) yang berjumlah 27 orang. Hasil analisis data diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 81,07 dan rata-rata post-test kelas kontrol adalah 67,94. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan narasi siswa yang menerapkan metode latihan (drill) (kelas eksperimen) dengan yang tidak menerapkan metode latihan (drill) (kelas kontrol). Dari hasil perhitung effect size (ES) diperoleh ES sebesar 0,45 (kriteria sedang). Hal ini berarti penerapan metode latihan (drill) memberikan pengaruh yang sedang terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 17 Pontianak Kota. Kata kunci: Latihan (Drill), Kemampuan Menulis, Karangan Narasi Abstract: The research aims to determine mastery of effect of applying the training method (drill) on the ability to write narrative essays fourth grade students of SDN 17 Pontianak City. The method used is a quasi experimental research design used is non-Equivalent Control Group Design. The sample was graders IVB (experimental class) totaling 27 people and students IVB class (control class) totaling 27 people. Results of data analysis obtained an average post-test experimental class was 81.07 and the average post-test control group was 67.94. Concluded that there are differences in the ability to write narrative essays of students who apply training methods (drill) (experimental class) by not implementing training methods (drill) (control class). From the results perhitung effect size (ES) ES obtained was 0.45 (moderate criteria). This means that the application of training methods (drill) gives effect being on the ability to write narrative essays fourth grade students of SDN 17 Pontianak City. Keywords : training (drill), writing skill, coral narrative.