PENGGUNAAN PENGGARIS BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Prihandanu, Bayu, Kresnadi, Hery, ., Syamsiati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10752
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10752/10276
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui penerapan langkah-langkah pembelajaran matematika menggunakan penggaris bilangan pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Delta Pawan Ketapang.Subjek Penelitian berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus 1 diperoleh hasil bahwa siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 12 siswa atau 60% dari jumlah siswa. Pada siklus 2 diperoleh hasil bahwa siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal meningkat menjadi 16 siswa atau 80 % dari jumlah siswa. Kata Kunci : Penggaris Bilangan, Pembelajaran Matematika Abstract : This research was conducted with the aim of knowing the application of mathematics learning steps using a ruler numbers in mathematics to improve the learning outcomes of fourth grade students of State Elementary School 14 Delta Pawan Ketapang.Subjek study of 20 people consisting of 9 male students and 11 female students , The method used is descriptive method with the form of classroom action research which includes the planning, implementation, observation and reflection. This study was conducted in two cycles. In cycle 1 showed that the students who have achieved a minimum completeness criteria were 12 students or 60% of the total number of students. In cycle 2 showed that the students who achieve a minimum completeness criteria increased to 16 students or 80% of the total number of students. Keywords : Ruler Number, Mathematics, Learning outcome