PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Ervarica, Emellia, Margiati, K.Y., Halidja, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10749
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10749/10273
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran IPA pada materi sumber energi, kegunaan, dan cara menghemat untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Muhammadiyah I Ketapang. Penelitian ini penelitian deskriftif dalam bentuk penelitian tindakan kelas.. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas III SD Muhammadiyah I Ketapang tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan tes tertulis yaitu penilaian hasil belajar siswa. Adapun hasil belajar pada jumlah siswa keseluruhan (15 siswa) mengalami peningkatan dari siklus 1 nilai hasil belajar diperoleh rata-rata 66 ( KKM 68 ) kemudian meningkat pada siklus 2 dengan rata-rata 73. Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Metode Demonstrasi Abstract: The purpose of this research is to describe the ability of teacher in planning the IPA lesson in energy resource material, the use, and how to save the energy in increasing the result of students of SD Muhammadiyah I Ketapang Class III. This is descriptive research in classroom action research. Subject of this research is the researcher as teacher and 15 students of SD Muhammadiyah I Ketapang class III in a year of 2014/2015.Technique of data collecting which is used in this researh is direct observation and written test that is the assessment of the result of students lesson. By this research the result of students lesson has increased from cycle 1 with the average of students result 66 ( KKM 68 ) become 73 in cycle 2. Keyword: increasing students result in learning, demonstration method.