PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Rosiva, Rita, Kresnadi, Hery, ., Syamsiati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10742
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10742/10268
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 02Kendawangan dengan menggunakan media audiovisual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, hasil penelitian yang diperoleh dari kemampuan guru merencanakan pembelajaran pada siklus 1 yaitu 17 atau rata-rata 2,83meningkat padasiklus 2 menjadi 23 atau rata-ratanya 3,82. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus 1 yaitu 32 atau rata-rata 3,20 meningkat pada siklus 2 yaitu 40 dengan rata-rata 4,00. Dari analisis data yang diperoleh pada pembelajaran materi kenampakan permukaan bumi, dengan menggunakan media audiovisual ternyata hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dari siklus 1 yaitu64%, meningkat pada siklus 2 menjadi 100%, melebihi standard ketuntasan klasikal yaitu 75%. Kata Kunci : Media Audiovisual, Pembelajaran IPA Abstract: This study aims to describe the results of students’ learning in the classroom IPA III SDN 02 Kendawangan by using media audiovisual. The research method used is descriptive method with the form of classroom action research. This research was done 2 cycles, the results obtained from the ability of teachers plan learning in cycle 1 is 17 or averaged 2,83 increase in cycle 2 to 23 0r averaged 3,82. The ability of teacher to implement learning in cycle 1 is 32 or an average of 4,00. From analysis data obtained in the study of earth’s surface appearance of the material, using audiovisual media turns student learning outcomes tuntas classically of cycle 1 is a 64% increase in cycle 2 to 100%, exceeding the standard classical completeness is 75%. Keyword: Audiovisual Media, Learning Outcome, Learning IPA