PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Main Authors: Hamilah, ., Margiati, K.Y., Halidjah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10735
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10735/10261
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa Kelas III MIS Darussalam Desa Pematang Gadung Kabupaten Ketapang dengan menggunakan metode kerja kelompok berbantuan media gambar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian siswadan guru MIS Darussalam Pematang Gadung. Data dalam penelitian ini yaitu hasil observasi kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran juga hasil belajar siswa. Hasil penelitian yaitu ketuntasan belajar hanya mencapai 15%, ketercapaian tersebut tergolong rendah. Kondisi ini dikarenakan guru yang belum menguasai materi pembelajaran dan adanya siswa yang tidak serius dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil data pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 85% memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal. Kata Kunci: Metode Kerja Kelompok, Media Gambar Abstract: This study aimed to describe the increased activity of students in science learning in students Class III MIS Darussalam Desa Pematang Gadung Kabupaten Ketapang using group work aided image media. The research method used is descriptive research in the form of classroom action research. Subjects of research students and teachers MIS Darussalam Pematang Gadung. The data in this study is the observation of the teacher's ability to plan and carry out learning also student learning outcomes. Results of the study are complete learned only reached 15%, the achievement is low. This condition is due to the teachers who have not mastered the learning material and the students who are not serious in learning. Based on the results of the data in the second cycle learning outcomes of students increased to 85% meet the minimum completeness criteria.. Keywords: Learning Outcomes, Methods Of Teamwork, Media Images