PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Hairal, Arbadatol, Margiati, K.Y., Halidjah, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10732 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10732/10258 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sungai Bakau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan sifat penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpul data ialah menggunakan teknik observasi langsung dan pengumpulan dokumen nilai, alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes soal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi penggunaan metode diskusi menunjukkan : (1) pada siklus I perolehan jumlah skor IPKG 1 adalah 2,8, sedangkan siklus II adalah 3,8,naik 1% (2) pada siklus I perolehan jumlah skor IPKG 2 adalah 3,5, sedangkan siklus II adalah 4,2, naik 7 % dan (3) pada siklus I jumlah skor hasil siswaadalah 66, sedangkan siklus II hasil siswa adalah 83, naik 17%.Disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan hasil belajarnya pada materi keputusan bersama. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Diskusi Abstract: The purpose of this research is to improve student learning outcomes Muhammadiyah Islamic Elementary School fifth grade Mangrove River. The method used in this research is descriptive method. While the nature of this research is qualitative. Data collection technique is using the technique of direct observation and collection of documents of value, means of data collection using observation sheet and test questions. The results showed an increase in activity of student learning. Based on observations and reflections using the method of discussion: (1) in the first cycle of acquisition IPKG 1 total score was 2.8, while the second cycle was 3.8, up 1% (2) in the first cycle of acquisition total score IPKG 2 was 3.5, while the second cycle was 4.2, up 7%, and (3) in the first cycle results siswaadalah total score of 66, while the second cycle is the result of 83 students, up 17%. It was concluded that the use of the method of discussion in learning Citizenship Education can improve learning results in material joint decision. Keywords: Learning Outcomes, Citizenship Education, Discussion