PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Firmansyah, Roni, Halidjah, Siti, Margiati, K.Y. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10731 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10731/10257 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan siklus I diperoleh nilai hasil belajar siswa dengan jumlah 1740 dengan rata-rata 82,85. Siklus II perolehan hasil belajar semua siswa di atas Kriteria Ketuntasan Minimal atau 100% tuntas dengan nilai hasil belajar siswa dengan jumlah 2000 dan dengan rata-rata 95,23. Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu 12,38. Dengan demikian, penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi keliling persegi dan persegi panjang. Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Demonstrasi Abstract: This research aimed to describe improving student learning outcomes in mathematics using demonstration method. The method used is descriptive method with a form of action research. The subjects were 21 students. This study was conducted in two cycles. Based on the obtained value of the first cycle of student learning outcomes with the number 1740 with an average of 82.85. Cycle II acquisition of learning outcomes of all students above the minimum criteria completeness or 100% due to the value of student learning outcomes with the number 2000 and with an average of 95.23. Improved learning outcomes cycle I to cycle II is 12.38. Thus, the use of methods of demonstration can improve student learning outcomes in mathematics at the material around the square and rectangular. Keywords: Learning Outcomes, Mathematics, Demonstrations