PENGGUNAAN DEKAK-DEKAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I SD
Main Authors: | Suryani, Rita, Halidjah, Siti, ., Margiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10727 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10727/10253 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan dua angka menggunakan dekak-dekak pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 17 Delta Pawan Ketapang. Metode Penelitian menggunakan metode deskriptif, dengan bentuk penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dengan teman sejawat dan siswa kelas I dalam dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru merancang pembelajaran matematika pada siklus I dengan rata-rata skor 2,61 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 3,55 dengan kategori baik. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran matematika pada siklus I dengan rata-rata skor 2,89 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 3,92 dengan kategori baik. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dalam pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka dengan media dekak-dekak, dari siklus pertama ke siklus kedua siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari 12 siswa menjadi 18 siswa atau mengalami kenaikan sebesar 50%. Kata Kunci : Dekak-Dekak, Hasil Belajar, Matematika. Abstract. This study aimed to describe the results of learning addition and subtraction of two numbers using the abacus in the first grade students of State Elementary School 17 Delta Pawan Ketapang. The research method using descriptive method, the research form Class Action Research (CAR) that is collaborative with colleagues and students in grade I in two cycles of action. The results showed that the ability of teachers to design learning of mathematics in the first cycle with an average score of 2.61 with enough categories, increased in the second cycle to 3.55 in both categories. The ability of teachers to implement the learning of mathematics in the first cycle with an average score of 2.89 with enough categories, increased in the second cycle to 3.92 in both categories. There is a significant increase in learning outcomes in learning the material addition and subtraction of two-digit numbers with media abacus, from the first cycle to the second cycle students who achieve a passing grade from 12 students to 18 students or an increase of 50%. Keywords: Abacus, Learning Outcomes, Mathematics.