PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEORI BRUNER DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Amroini, Ida, Kresnadi, Hery, ., Syamsiati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10724
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10724/10251
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi yang jelas mengenai penggunaan teori Bruner dalam pembelajaran Matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Swasta Nur Ilahi Delta Pawan Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sifat penelitian ini adalah kolaboratif. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik dan alat pengumpul data ialah menggunakan teknik observasi langsung dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpul data lembar observasi dan dokumen hasil belajar. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teori belajar Bruner pada siklus 1 yaitu 7 dari 11 orang siswa atau 63,63%, dan 4 siswa belum tuntas atau 36,36%, dengan nilai rata-rata 65,45. Pada siklus 2, siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 100% dengan nilai rata-rata sebesar 80,90; terjadi peningkatan nilai ketuntasan sebesar 36,37% dan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 15,45%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Teori Bruner Abstract: The purpose of this research is to obtain clear information about the use of the theory of Bruner in learning mathematics Elementary School third grade students Divine Delta Pawan Private Nur Ketapang. The method used in this research is descriptive method. The nature of this research is collaborative. This research is a form of action research. Techniques and means of collecting data is to use direct observation techniques and techniques of documentary studies with data collection tool observation sheets and document learning outcomes. Student learning outcomes in mathematics learning using learning theory Bruner in cycle 1 that 7 out of 11 students or 63.63%, and 4 students have not completed or 36.36%, with an average value of 65.45. In cycle 2, students who achieve mastery minimum value of 100% with an average value of 80.90; an increase in the value of completeness of 36.37% and an increase in the value of the average grade of 15.45%. Keywords: Learning Outcomes, Mathematics, Theory of Bruner