PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Yuniarti, ., ., Syamsiati, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10717
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10717/10244
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penggunaan media video pada pembelajaran IPA di kelas IV a Sekolah Dasar Negeri 17 Benua Kayong, Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif, Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang tampak dengan rancangan penelitian yang ditempuh dalam 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 15 orang dengan komposisi 6 murid perempuan dan 9 murid laki-laki. Siklus I rata-rata hasil belajar (tes formatif) siswa adalah 62 dengan siswa tuntas sebanyak 11 orang atau 73 %. Siklus II rata-rata hasil belajar (tes formatif) siswa adalah 76 dengan 100 % siswa tuntas. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Video Abstract: This study aims to determine the improvement of learning outcomes through the use of video media on science teaching in class IV a State Elementary School 17 Kayong Continent Sub Continent Kayong Ketapang. The method used in this research is descriptive method, this study aimed to describe the phenomena that appear with the study design adopted in two cycles. Subjects numbered 15 people with a composition of 6 girls and 9 boys. I cycle average results of learning (formative test) students is 62 with students complete as many as 11 people or 73%. The average second cycle learning outcomes (formative test) students is 76 to 100% of students complete. Keywords: Results Learning, Learning Media, Video