PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE EKSPRIMEN DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Afuah, Dara, Kresnadi, Hery, ., Syamsiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10713 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10713/10241 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanpeningkatanaktivitas pembelajaranIlmuPengetahuanAlamdenganmenggunakanmetodeeksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan sifat penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpul data ialah menggunakan teknik observasi langsung, alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa.Pada siklus I aktivitas fisik sebesar 51,25%, aktivitas mental sebesar 36,43% dan aktivitas emosional sebesar 51,67%. Sedangkan pada siklus II aktivitas fisik sebesar 77,5%, aktivitas mental sebesar 65,71% dan aktivitas emosional sebesar 96,67%. Terjadi kenaikan dari siklus I ke siklus II pada aktivitas fisik terjadi kenaikan sebesar 26,25%, aktivitas mental terjadi kenaikan sebesar 29,28% sedangkan aktivitas emosional terjadi kenaikan sebesar 45%.Disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitaspembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V SD Negeri 26 Kendawangan Kabupaten Ketapang. Kata Kunci :Aktivitas, Ilmu Pengetahuan Alam, Eksperimen Abstract: The purpose of this study was to describe the increase in the activity of the Natural Sciences learning using the experimental method. The method used in this research is descriptive method. While the nature of this research is qualitative. Data collection technique is using the technique of direct observation, data collection tool uses observation sheets. The results showed an increase in activity of student learning. In the first cycle of physical activity amounted to 51.25%, amounting to 36.43% of mental activity and emotional activity amounted to 51.67%. While in the second cycle of physical activity by 77.5%, amounting to 65.71% of mental activity and emotional activity amounted to 96.67%. There is an increase from the first cycle to the second cycle in physical activity an increase of 26.25%, an increase of mental activity of 29.28% while emational activity an increase of 45%. Concluded that by using the experimental method can increase the activity of natural science learning in class V SD Negeri 26 Kendawangan Ketapang. Keywords: Activity, Natural Sciences, Experimental