PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN METODE PENUGASAN DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Kusdiana, ., ., Syamsiati, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10706
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10706/10235
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan metode penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peneliti membuat rencana pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan metode penugasan di kelas IV pada penelitian siklus 1 diperoleh prosentase 58,33% kemudian pada siklus 2 meningkat sebesar 91,67%. Kemampuan peneliti melaksanakan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode penugasan di kelas IV pada penelitian siklus 1 diperoleh persentase 56,25% kemudian pada siklus 2 meningkat sebesar 85,42%. Peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode penugasan di kelas IV pada siklus 1 menjadi 66,67%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 97,33%.Dengan metode penugasan menunjukkan kegiatan pembelajaran pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Manis Mata lebih menarik, membangkitkan kreativitas, menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Kata Kunci : Aktivitas, Ilmu Pengetahuan Sosial, Penugasan Abstract: The purpose of this research is to increase the activity of students in the Social Sciences using the assignment method. The method used in this research is descriptive method. Form of research using classroom action research. These results indicate that the ability of researchers make lesson plans using the Social Sciences assignment method in class IV in the research cycle 1 percentage 58.33% was obtained later in the cycle 2 increased by 91.67%. The ability of researchers to implement the Social Sciences learning using assignments in class IV in the research cycle 1 percentage 56.25% was obtained later in the cycle 2 increased by 85.42%. Increased activity of students in the Social Sciences by using the assignment in class IV in cycle 1 to 66.67%, then the second cycle increased to 97.33%. With the assignment method shows the learning activities in the fourth grade students of State Elementary School 14 Manis Mata more interesting, inspire creativity, fun and meaningful for students. Keywords: Activities, Social Sciences, Assignment