PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Nofita, Tika, ., Suryani, Salimi, Asmayani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10689 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10689/10223 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10689/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh penerapan metode Role Playing terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequevalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 62 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bawah hasil belajar siswa pada post-tes di kelas eksperimen memberikan pengaruh sebesar 0,889. Dengan perbedaan skor rata-rata post-test siswa sebesar 10,144. Hal ini berarti pembelajaran dengan menerapkan metode Role Playing memberikan pengaruh dengan keriteri tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Kota. Kata kunci : Pengaruh, Metode Role Playing, Hasil belajar Abstract: This study aims to analyze how much influence the application of methods Role Playing on learning outcomes of students in learning Citizenship Education Class V SDN 34 Pontianak City . The method used is the method of quasi experiment with the design of the study is Nonequevalent Control Group Design . The sample in this study was 62 students . Results of the data analysis indicate that the learning outcomes of students at the post - test in the experimental class effect of 0.889 . With an average score difference post-test students at 10.144 . This means learning by applying Role Playing give effect to the high keriteri to class V student learning outcomes in learning Citizenship Education State Elementary School 34 Pontianak City . Keywords: Influence , Methods Role Playing , learning outcomes