PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA WISUDA
Main Authors: | Susilawati, Desy Eka, ., Okianna, BU, Bambang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10634 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10634/10196 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan sumber belajar oleh siswa dan mengetahui efektif atau tidaknya proses pembelajaran yang berlangsung di kelas X SMA Wisuda Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 34 orang dengan bentuk penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar yang digunakan oleh siswa sudah cukup baik dan proses pembelajaran sudah berjalan dengan efektif. Hasil analisis regresi sederhana menggunakan program SPSS 21 menunjukkan pengaruh sumber belajar terhadap efektivitas proses pembelajaran dengan formulasi Y = 33,970 + 0,560X. Berdasarkan perhitungan program SPSS 21, t hitung sebesar 2,049, tingkat signifikansi sebesar 0,049 dan t tabel sebesar 2,037. t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi pada penelitian ini menunjukkan kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 0,116 atau 11,6% sedangkan sisanya 88,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Sumber belajar dan efektivitas proses pembelajaran Abstract : This study aims to determine how the use of learning resources by students and determine the effectiveness of the learning process that takes place in class X High School Wisuda Pontianak. The method used is descriptive research method. These samples included 34 individuals with the study population. The results showed that the learning resources that are used by the students has been quite good and the learning process has been running effectively. Simple regression analysis using SPSS 21 shows the effect on the effectiveness of learning resources learning process with the formulation Y = 33.970 + 0,560X. Based on the calculation of SPSS 21, t count of 2,049, a significance level of 0.049 and t table of 2.037. t count> t table, then Ho is rejected and Ha accepted. The coefficient of determination in this study shows the contribution of independent variables on the dependent variable is 0.116 or 11.6% while the remaining 88.4% is influenced by other variables. Keywords : Learning resources and effectiveness of the learning process