UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DI SMP

Main Authors: FAKHRUNI, ULLY, Tandililing, Edy, Oktavianty, Erwina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10618
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10618/10184
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Swasta Kemala Bhayangkari Sungai raya pada materi perpindahan kalor menggunakan model inkuiri. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus (perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A SMP Swasta Kemala Bhayangkari Sungai raya dengan jumlah siswa 26. Dari hasil penelitian pada siklus I rata-rata aktivitas siswa pada aspek yang diharapkan sebesar 56% dan siklus II sebesar 75%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 73,20% dan pada siklus II sebesar 84,70%. Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Inkuiri. Abstract: The aims of this research are to improve the activity and learning outcomes of students class VII A SMPS Kemala Bhayangkari Sungai raya on the material of heat transfer for implementation inquiry model. This research is classroom action research (PTK) carried out in two cycles (planning, action, observation and reflection). 26 students from VIIA SMPS Kemala Bhayangkari participated in learning process. From the results in the first cycle the average student activity on aspects that are expected by 56% and the second cycle by 75%. The percentage of completeness of student learning outcomes first cycle of 73.20% and the second cycle of 84.70%. Keywords : Activity, Learning Outcomes, Inquiry.