PENGGUNAAN MEDIA KONKRIT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Aini, Syarifah, Asran, Mastar, ., Abdussamad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10430
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10430/10079
Daftar Isi:
  • Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses belajar siswa menggunakan media konkrit dalam pembelajaran matematika kelas II SDN Nanga Menterap. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif, pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2 siklus, tiap siklus meliputi, perencanaan, pelaksanaan tindakan,obsevasi,dan,refleksi. Hasil penelitian yang dapat peneliti sajikan adalah sebagai berikut: pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 61,25. Sedangkan pada siklus II, nilai rata –rata siswa mencapai78,75. Subjek penelitian yaitu murid kelas II SDN 04 Nanga Menterap yang berjumlah 12 orang dan guru kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Nanga Menterap. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa, menggunakan media Konkrit dapat ditingkatkan. Saran yang diberikan adalah guru menggunakan penjumlahan berulang dalam pemecahan masalah menggunakan media konkrit. Kata kunci: Media Konkrit, hasil belajar siswa Abstrak. Research aims to describe the increase in student learning using concrete media in mathematics class II SDN Nanga Menterap.the research uses descriptive method,qualitative and quantitative approache to the two cycles,eachcycle includes,planning,action observation, and reflection. The research results can serve researchers are as ensuing:in the first cycle of student learning out comes reached 61,25. While in the second cycle the average value of students reaching 78,75. Reseach subjects are students of SDN 04 class II Nanga Menterap. Data collection tecnigues are direct observation technigues, data colletion tools used were observation sheet. From the results of research and discussion concluded that the results of students’ mathematics learning, using the medium of concrete can be improved. Key Words: Concrete Media, Students Learned Result