PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN METODE PEMODELAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

Main Authors: Rejeki, Sri, Asran, Mastar, ., Abdussamad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10428
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10428/10077
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan metode pemodelan pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 12 Empajak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas dan sifat penelitian adalah kolaboratif. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SDN 12 Empajak, yang berjumlah 20 orang. Data dianalisis dengan perhitungan rata-rata. Hasil penelitian siklus I dengan rata-rata 2,88 dan pada siklus II dengan nilai 3,55 terjadi peningkatan 0,67 dari siklus I ke siklus II. Dari pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata pada siklus I 3,01 dan pada siklus II 3,41 , terjadi peningkatan 0,40 dari siklus I ke siklus II. Dari hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I adalah 67,5 sedangkan pada siklus II adalah 86, dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,5. Dari hasil pencapaian KKM pada siklus I yang tuntas hanya 10 siswa atau 50% dan meningkat pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar sebanyak 18 orang atau 90 %. Kata Kunci : Hasil Belajar, Menulis Pantun, Metode Pemodelan. Abstract:This research aimed to describe the learning outcome of students with methods of modeling in learning Indonesian Class IV SDN 12 Empajak. The method used is descriptive method, the form of research is classroom action research and collaborative nature of the research is Subjects of this reseach were teachers and students of class IV SDN 12 Empajak, which numbered 20 people. The data collected were analyzed by calculating the average. Results of the first cycle study with an average of 2.88 and the second cycle with a value of 3.55, an increase of 0.67 from the first cycle to the second cycle. From the implementation of learning the average values obtained in cycle I and cycle II 3,01 and 3,41, there is an increase of 0.40 from the first cycle to the second cycle. The student learning outcomes obtained average value in the first cycle was 67.5, while in the second cycle is 86, with an increase from cycle I to cycle II of 18.5. KKM achievement of results in the first cycle of students who completed only 10 people or 50% and increased in the second cycle students who completed the study as many as 18 people or 90%. Keywords: Learning outcomes, Write poetry, Modeling methods.