PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GARIS BILANGAN
Main Authors: | Lenai, Sofia, Asran, Mastar, ., Abdussamad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10427 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10427/10076 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SD NEGERI 03 Sungai Ayak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bentuk penelitian adalah PTK. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SD NEGERI 03 Sungai Ayak yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik langsung dan alat pengumpul data yaitu lembar observasi, (IPKG I & IPKG II) dan hasil belajar siswa. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan rata-rata. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 50 dan pada siklus II nilai rata-rata 76 dengan peningkatan 26. Pencapaian KKM yaitu 60 pada siklus I siswa yang tuntas 4 orang atau 16% dan pada siklus II sebanyak 20 orang atau 80% dengan peningkatan 64%. Dengan menggunakan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD NEGERI 03 Sungai Ayak. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Garis Bilangan Abstract: This study aims to describe the increase in student learning outcomes on the sums of integers in class IV SD NEGERI 03 Sungai Ayak. This research uses the method description and PTK is research shapes. Subject of research: teachers and students of class IV SD NEGERI03 Sungai Ayak that add up to 25 people. Data collection techniques are techniques of data collection tools and direct that observation sheets, (IPKG I & IPKG II) and student learning outcomes. The data were analyzed with the calculation of the average. Student learning outcomes on cycle I gained an average score of 50, and in cycle II, the average value of 76 with increased 26. Achievement of the KKM is 60 cycles I students who complete four or 16% and in cycle II, as many as 20 people or 80% with an increase of 64%. Using a number line media can improve learning outcomes grade IV SD NEGERI 03 Sungai Ayak. Keywords: Results Of The Study, The Media Line Numbers