PENGGUNAAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Roswati, ., Sabri, Tahmid, ., Zainuddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10424
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10424/10073
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demontrasi di kelas III SD Negeri 17 Sekadau. Untuk mencapai harapan ini maka penelitiannya menggunakan metode deskrptif dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru dan teman sejawat melalui tahapan-tahapan (siklus) yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa berjumlah 25 orang dengan komposisi siswa laki-laki 12 orang dan 13 orang siswi perempuan. Hasil temuannya adalah : 1) Rancangan pembelajaran dari siklus ke siklus, siklus I, II, dan III selalu mengalami peningkatan, siklus I, 2,64; siklus II, 3,28; dan siklus III, 3,75. Demikian juga dengan pelaksanaan pembelajarannya, siklus I, 2,75; siklus II, 2,92; dan siklus III, 3,52. Begitu pula dengan peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu siklus I, 68,00; siklus II, 78,40; dan siklus III, 89,20 dengan rata-rata 78,53 > 70 ( KKM ). Dengan kata lain melalui Metode Demontrasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas III SD Negeri 17 Sekadau dapat ditingkatkan sesuai RPP dan aplikasinya yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Kata kunci : Metode Demontrasi, IPA, Hasil Belajar. Abstract: This research aims to improve student learning outcomes by using a demonstration in class III SD Negeri 17 Sekadau. To achieve these expectations, the research uses descriptive method in the form of classroom action research in collaboration with teachers and peers through the stages (cycles) including planning, implementation, observation, and reflection. Which is the subject of research is the teachers and students are 25 people with the composition of the male students 12 people and 13 female students. Its findings are: 1) The design learning from cycle to cycle, cycle I, II, and III are always increased, cycle I, 2.64; Cycle II, 3.28; and cycle III, 3.75. Likewise, the implementation of learning, I cycle, 2.75; Cycle II, 2.92; and cycle III, 3.52. Similarly, the improvement of student learning outcomes has increased, ie cycle I, 68.00; Cycle II, 78.40; and the third cycle, an average of 89.20 with 78.53> 70 (KKM). In other words, through methods Demonstration of student learning outcomes in science teaching third grade elementary school 17 Sekadau can be improved according to RPP and applications Made by teachers in learning. Keywords: Method Demonstration, Learning science, Improved Learning Outcomes.