PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE KERJA KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | ., Kacuik, ., Abdussamad, Asran, Mastar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10416 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10416/10065 |
Daftar Isi:
- Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Sekolah Dasar Negeri 27 Rengat Kecamatan Belitang Hulu Kabupaten Sekadau Propinsi Kalimantan Barat. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dengan jumlah siswa 11 orang. Hasil analisis data menunjukan pada siklus I memiliki skor total 16,9 dengan rata-rata 3,38 kategori baik, sedangkan pada siklus II memiliki skor total 19,7 dengan rata-rata 3,95 kategori sangat baik . Dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 28 . Penggunaan Metode Kerja Kelompok dapat Meningkatkan Hasil belajar siswa kelas V yaitu pada siklus I sebesar 60 sedangkan pada siklus II sebesar 88. Dengan demikian peningkatan dari siklus I ke siklus II Sebasar 28. Kata kunci: Hasil belajar, kerja kelompok, Pembelajaran IPS. Abstract:This study aims to defermine the campleteness of student learning out cautes in cocial sciau learning usiny grap work state elementary school 27 rengat Destrict op Hulu sekadau belitang anest kalimantan province.This research is a from of class aktion reaserch. The namber of student 13 people.Results of the data analysis syomed in cycle 1 has a total scare of 16,9 with an average of 3,38 both categaries,while te csecond cyde has a total score 19,7 with an average of 3,95 is very good category.with an increase from cycle 1 to cycle II is 28.use of grop work methtods can improve student learning out cames V class is the first cycle of 60 while in the second cycle of 88.This increased from cycle I to cycle II is 28 key words.learning autcomes,group work,learning IPS. Key words : Results of the study, group work, social science