PENGGUNAAN MEDIA KOIN POSITIF NEGATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

Main Authors: Jaili, ., ., Tahmid, ., Zainuddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10415
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10415/10064
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 08 Belitang Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk mendapatkan gambaran faktual tentang rancangan pembelajaran yang dibuat oleh guru dan aplikasinya dalam pembelajaran serta hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah 20 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan skor rata-rata yaitu 26,5. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa dengan menggunakan koin positif negatif pada penjumlahan bilangan bulat mencapai peningkatan yang tergolong tinggi hingga mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kata Kunci : Koin Positif Negatif, Hasil Belajar Abstract: The purpose of this research is to know the improving of student’ learning result on quantifying of integers at the fourth grade students of SDN 08 Belitang of Sekadau Regency of West Borneo Province.The method of this research is using descriptive to get the factual picture about lesson plan that made by the teacher and the application in learning and studi result that get by the students in learning process by using Classroom Action Research (CAR). The participants of this research are 20 students the result of data analyzed showed that the students’ learning result is improved. And the average score is 26,5. This is caused the students’ learning result by using Positive Negative Coins on quantifying of integers is pertained reached high improving score reaching the indicator of success. Keywords: Positive Negative Coin, Learning result