PENGARUH LARI ZIG-ZAG TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA KELAS XI SMA SANTUN UNTAN

Main Authors: Erlanda, Erza, Atiq, Ahmad, Supriatna, Eka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10385
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10385/10033
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10385/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode pembelajaran lari zig-zag terhadap hasil belajar menggiring bola pada siswa-siswi kelas XI SMA Santun Untan Pontianak. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran lari zig-zag terhadap hasil belajar menggiring bola pada siswa-siswi kelas XI SMA Santun Untan Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Santun Untan Pontianak yang berjumlah 74 orang. Dalam penelitian ini mengunakan teknik total sampling yaitu mengambil seluruh jumlah siswa-siswi kelas XI IPA SMA Santun Untan Pontianak yang berjumlah 28 orang. Analisis data dengan analisis uji-t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata tes awal 14,07 dan tes akhir 19,07 (meningkat sebesar 5). Analsis uji pengaruh nilai ttest 29 lebih besar dari nilai ttabel 1,703, artinya hipotesis terdapat pengaruh metode pembelajaran lari zig-zag terhadap hasil belajar menggiring bola siswa kelas XI SMA Santun Untan Pontianak. Persentase peningkatan sebesar 36,74 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran lari zig-zag memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar menggiring bola.Kata Kunci: Pembelajaran Lari Zig-Zag, Menggiring Bola. Abstract: The problem raised in this study is there any influence teaching methods run zig-zag on learning outcomes dribbling on the students of class XI SMA Santun Untan Pontianak. The purpose of this study was to determine the effect of teaching methods run zig-zag on learning outcomes dribbling on the students of class XI SMA Santun Untan Pontianak. The method used in this study is an experiment with the form of pre-experimental design. The population in this study were students of class XI SMA Santun Untan Pontianak totaling 74 people. In this study using total sampling technique that took all the students of class XI SAINS SMA Santun Untan Pontianak totaling 28 people. Data were analyzed by t-test analysis. Results of the study gained an average of initial test and final test 19,07 14,07 (increased by 5). The analysis of test influence ttest 29 value greater than the value ttable 1,703, meaning that there are significant hypotheses teaching methods run zig-zag on learning outcomes dribble class XI SMA Santun Untan Pontianak. The percentage increase of 36,74%. Based on these results it can be concluded that the method of learning to run zig-zag have a positive influence on learning outcomes dribble.Key Words: Zig-Zag Run Learn, Dribble Ball.