PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBAWAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KABUPATEN KUBU RAYA

Main Authors: Agustina, C.Tri, Priyadi, A.Totok, Seli, Sesilya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10373
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10373/10024
Daftar Isi:
  • Abstrak : Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sungai Raya mengalami kesulitan dalam pembelajaran aspek berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia. Alternatif tindakan yang akan dilakukan adalah melalui model pembelajaran bermain peran.. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian tindakan kelas. Pengamatan dilakukan dengan teknik observasi langsung. Pengamatan terhadap guru menggunakan format APKG (Aplikasi Penilaian Kegiatan Guru), dan pengamatan siswa dilakukan melalui format kemampuan membawakan acara. Peningkatan untuk indikator I : dari skor 3,59, meningkat menjadi skor 4,28, dan akhirnya di siklus III mencapai skor 4,41. Skor rata-rata persiklus dari skor 3,35 pada siklus I menjadi skor 4,32 pada siklus terakhir. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam membawakan acara. Kata Kunci : Model Pembelajaran Bermain Peran Abstract : The in the study of this class action is the eighth grade students of SMP Negeri 2 A River Kingdom have difficulty in learning to speak on aspects of Indonesian subjects.. This study used a descriptive method with qualitative approach and research design class action. Observations were made by direct observation techniques. Observations of teachers using APKG format (Application Assessment Activity Teacher), and observations of students is done through a hosted format capabilities. For example, for the first indicator: from a score of 3.59, increasing to a score of 4.28, and finally in the third cycle reaches a score of 4.41. Similarly, for an average score of 3.35 persiklus of scores in the first cycle into a score of 4.32 in the last cycle. Keywords: Role Playing Learning Model.