KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PADA MAN NGABANG KABUPATEN
Main Authors: | Abdulbar, ., Asmara, Uray Husna, Sinju, Herculanus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10334 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10334/9987 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan yang baik dan ketersediaan guru yang profesional dalam penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Ngabang Kabupaten Landak adalah tuntutan, sebagaimana digariskan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Pasal 33 tentang Standar Nasional Pendidikan maupun Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005, Pasal 2 mengenai Lingkup Standar Nasional Pendidikan. Tujuan penelitian berupa visi, misi dan tujuan, gaya kepemimpinan kepala madrasah, strategi yang digunakan dalam meningkatkan profesional guru, serta faktor-faktor yang menjadi tantangan sehubungan upaya Kepala Madrasah Aliyah Negeri Ngabang Kabupaten Landak dalam meningkatkan profesional guru. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Sumber data terdiri dari Kepala madrasah, Waka madrasah, guru, komite sekolah dan penilik madrasah yang terlibat aktif di kegiatan tersebut. Kata Kunci: Kepemimpinan Madrasah dan Profesional Guru. Abstract: This study aims to describe and analyze needed a good leadership and availability professional teacher in Implementation of Education at Madrasah Aliyah Negeri Ngabang Region of Landak is a demand, as a written in laws number 20 years 2003, article 33 is about standar national of Education and Government Regulation number 19 years 2005, article 2 is about Scope Standar National of Education. The aim of this research is Perspective, Mission and Goals, Style of Headmaster to leader, strategy that used to increase professional teacher, and the factors that become challenge of headmaster to increase professional teacher. This research using qualitative with natural approach. To collecting data, using observation, interview and documentation. The sources to collecting data consist of headmaster of Madrasah, vice headmaster, teacher, school committee and the owner of madrasah that involve active in this research. Key Word: The Leadership of School and Professional Teacher.