PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Main Authors: Suni, Martina, Syukri, M., Thamrin, M.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10324
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10324/9980
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang lebih cenderung menyampaikan kegiatan bercerita hanya menggunakan buku cerita tanpa menggunakan media gambar berseri sehingga anak cepat bosan dan tidak menyimak cerita yang dibacakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak pada anak melalui metode bercerita dengan media gambar berseri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kartini Pontianak Kota Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan melalui hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar berseri yang dilakukan oleh guru dapat berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan tentang isi cerita yang sudah dibacakan oleh guru, kemampuan anak dalam mengurutkan alur cerita yang sudah dibacakan, dan kemampuan anak dalam menceritakan kembali isi cerita berdasarkan urutan gambar. Kata Kunci : Menyimak, Metode Bercerita, Media Gambar Berseri Abstract: This research is motivated by the teacher more likely to deliver events using only tells a story book without the use of media images beamed so that children get bored quickly and are not listening stories read by teacher. This research aims to determine the increase listening skills in children through storytelling with media images beamed. This type of research is a classroom action research. While the method used is descriptive method. The subjects were children in group B TK Kartini Pontinak Kota the academic year 2014/2015 which amounting to 15 childrens consisting of 5 boys and 10 girls. Based on the research that has been done and with the results obtained after analysis of data held in general it can be concluded that increasing listening skills through storytelling with media images beamed done by teacher to run well and can improve childrens ability to answer questions about the content of the story that has been read by the teacher, childrens ability to sort the storyline that has been read out, and the ability of childrens to retell the story is based on a sequence of image. Keywords: Listening, Storytelling, Media Images Beamed