PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Main Authors: Zulaini, ., ., Yuline, ., Halida
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10307
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10307/9965
Daftar Isi:
  • Abstrak: Latar belakang dari penelitian ini sebagian besar anak di Taman Kanak-Kanak (TK) LKIA III Pontianak belum banyak yang mengenal alat musik tradisional. Masalah umum penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan metode demonstrasi untuk pengenalan alat musik tradisional pada anak usia 5-6?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat mengenalkan alat musik tradisional pada anak usia 5-6 tahun. Pengenalan terhadap alat musik tradisional oleh anak-anak dapat ditunjukan sebagai berikut: a.Katagori kurang atau (MB) mengalami pengurangan jumlah anak dari rata-rata 1 orang anak di siklus I menjadi tidak ada seorang anakpun di siklus II (6,25%), b.Katagori baik atau (BSH) mengalami pengurangan jumlah anak dari rata-rata 7 orang anak di siklus I menjadi rata-rata 4 orang anak di siklus II (18,75%).c.Katagori sangat baik (BSB) dari jumlah 9 orang anak, menjadi rata-rata 12 orang anak disiklus II (meningkat 18,75%). Kata Kunci: Metode demonstrasi, Alat musik tradisional Abstract: The background of this study the majority of children in Kindergarten (TK) LKIA III Pontianak yet many are familiar with traditional musical instruments. The common problem of this research is the demonstration of how the use of a method for the introduction of a traditional musical instrument in children aged 5-6 ?. This type of research is classroom action research (PTK), whereas the method used is descriptive method. The research concludes that by using demonstration can introduce traditional musical instruments in children aged 5-6 years. The introduction of the traditional musical instruments by children can be given as follows: a.Katagori less or (MB) experienced a reduction in the number of children an average of 1 child in the first cycle to no child shall in cycle II (6.25%) , b.Katagori either or (BSH) experienced a reduction in the number of children an average of 7 children in the first cycle to an average of 4 children in the second cycle (18.75%). c.Katagori very good (BSB) of the amount 9 children, to an average of 12 children cycled II (up 18.75%).. Keyword : Methods of demonstration, traditional musical instruments