ANALISIS KEMAMPUAN MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 3 PONTIANAK

Main Authors: Yupita, Lestari, ., Herkulana, ., Achmadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10305
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10305/9962
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membuat jurnal penyesuaian siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan dengan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada tes tentang jurnal penyesuaian pada ranah kognitif 31% sangat baik, 47% baik, 19% cukup baik dan 3% kurang, pada ranah afektif 8% sangat baik, 86% baik, dan 6% cukup baik, pada ranah psikomotorik 36% sangat baik, 44% baik, 20% cukup baik. Sedangkan kemampuan siswa saat ulangan harian tentang materi jurnal penyesuaian pada ranah kognitif 22% sangat baik, 45% baik, 33% cukup baik, ranah afektif 3% sangat baik, 86% baik, dan 11% cukup baik, ranah psikomotorik 14% sangat baik, 64% baik, dan 22% cukup baik Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Jurnal Penyesuaian Abstract: This research aims to determine students ability to make adjustments eournal of grade XII IPS in SMAN 3 Pontianak. This research method is using qualitative approach with research instrument is own researcher. The result of the study showed that the ability of students on tests of cognitive adjusments journal are 31% exellent, 47% good, 19% quite well and 3% less, on the affective domains are 8% exellent, 86% good and 6% is quite well, the psychomotor domain are 36% exellent, 44% good, 20% quite well. While the ability of students when daily tests on the material adjusments journal on the cognitive are 22% exellent, 45% good, 33% quite well, affective domains 3% exellent, 86% good, and 11% quite well, psychomotor domains are 14% exellent, 64% good and 22% quite well. Keywords: Ability Of The Student, Adjusting Entries