MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE

Main Authors: ,, Yulianti, ,, Syamswisna, Putri Panjaitan, Ruqiah Ganda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10243
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10243/9917
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup melalui model pembelajaran learning cycle. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIF SMPN 13 Pontianak tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket motivasi belajar dan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh persentase siswa yang termotivasi sebesar 72,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 70% dan siklus II meningkat menjadi 90%. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar, learning cycle. Abstract: The research was "classroom action research" with aim in increasing student's motivation and learning outcome on living creatures classification through learning cycle. This research was conducted in class VIIF of SMPN 13 Pontianak in academic year 2010/2011 as the total 40 students. This research was conducted in two cycles. The data were collected by using learning motivation questionnaire and objective test in the form of multiple choice. The research resulted in showing of cycle 1 was 72,5% students motivation increased and 95% on the second cycle. The percentage of students completeness in cycle 1 was 70% increased to 90% in second cycle. It could be concluded that the learning cycle model application can increase student's motivation and learning outcome. Keywords: learning motivation, learning outcome, learning cycle