PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN GITAR AKUSTIK DENGAN METODE TUTOR SEBAYA DI SMP
Main Authors: | Nurbeni, ., ., Ismunandar, Kurniawan I, Diecky |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10180 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10180/9877 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan peningkatan penerapan model pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan membaca melodi sederhana mennggunakan gitar akustik pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil belajar membaca melodi siswa dinilai berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian tes keterampilan siswa membaca melodi pada siklus I didapatkan data ketuntasan nilai keterampilan siswa dalam membaca melodi rata – rata 69,50. Pada siklus II hasil tes siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata – rata 79,90. Jadi atas dasar perolehan nilai ini penggunaan gitar akustik dapat meningkatkan keterampilan membaca melodi pada pembelajaran seni musik pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pontianak. Kata kunci: tutor sebaya,melodi sederhana,gitar akustik Abstraact: The aim of this study is to describe the process and increase the application of peer tutors learning model in improving reading skills using a simple melody on acoustic guitar seventh grade students of SMP Negeri 2 Pontianak. The method used is descriptive method. This research is a class act. Read melodies student learning outcomes assesssed by Criteria Complete Minimal ( K K M ). This study was conducted in two cycles. Results of research students reading skills tests melody in the first cycles of data obtained completeness value students’ skills in reading melody average 69,50. In the second cycle test results of students has increased by an average value of 79,90. So on the basis of the acquisition value is the use of acoustic guitar melodies can improve reading skills in learning the art of musik students of class VII SMP Negeri 2 Pontianak. Keywords: peer tutoring, simple melodies, acoustic guitars