ANALISIS PEMASARAN KERAJINAN TANGAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK PADA UNIT BISNIS SMKN 8 PONTIANAK
Main Authors: | Andini, ., Thomas, Yoseph, Khosmas, F.Y |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10034 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10034/9785 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran kerajinan tangan sampah organik dan anorganik pada unit bisnis SMKN 8 Pontianak. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah studi kasus. Informannya pengelola unit bisnis dan 5 orang siswa yang tergabung dalam unit bisnis SMKN 8 Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan tujuan untuk memaparkan secara objektif mengenai pemasaran kerajinan tangan. Alat pengumpulan data yaitu daftar cek dan pedoman wawancara. Pengolahan data menggunakan analisis. Hasil penelitian menyatakan bahwa unit bisnis telah melakukan 4 bauran pemasaran yaitu produk, harga, promosi dan distribusi. Produk yang dihasilkan yaitu bunga, tempat tisu, tas, pot, tempat pensil, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 2.000 - Rp. 250.000, yang dipertimbangkan dalam menentukan harga adalah tingkat kesulitan, lama pembuatan, dan kreatifitas. Promosi yang dilakukan dalam memasarkan produk kerajinan tangan yaitu dengan penyebaran kartu nama, ikut pameran serta melakukan promosi melalui facebook. Saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi pendek. Kata kunci : Pemasaran, Kerajinan Tangan Abstract : This study aims to determine the marketing crafts organic and inorganic waste at the business unit SMKN 8 Pontianak. Form of research is a case study. Informant’s business unit managers and 5 students who are members of the business unit SMKN 8 Pontianak. The method used is descriptive method with the aim to describe objectively about the marketing of handicrafts. Data collection tool is a list of checks and interview guides. Processing data using analysis. The study states that the business unit has been doing 4 marketing mix of product, price, promotion, and distribution. The resulting product is of interest, towels, bags, pots, pencil, and others. Price starts from Rp 2.000 – Rp 250.000, which is considered in determining the price is the level of dificulty, while making, and creativity. Promotions are made in marketing handicraft products is by the spread of cards, participate in the exhibition and promotion through facebook. Distribution channels used are short distribution channels. Keyword : Marketing, Crafts