WAWANCARA KLINIS BERBANTUAN MEDIA BLOK ALJABAR DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMFAKTORKAN POLINOM BERDERAJAT DUA
Main Authors: | Mustaqim, ., Yusmin, Edy, Ahmad BS, Dian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10020 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10020/9775 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa menggunakan wawancara klinis berbantuan media blok aljabar dalam materi memfaktorkan polinom berderajat dua di kelas XI MIA SMA Negeri 9 Singkawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang berorientasi pada pemecahan masalah, dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah empat orang siswa di SMA Negeri 9 Singkawang yang mengalami kesulitan dalam memfaktorkan polinom berderajat dua. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik komunikasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk essay dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa wawancara klinis berbantuan media blok aljabar memberikan dampak yang sangat baik mengatasi kesulitan siswa pada materi memfaktorkan polinom berderajat dua Kata kunci : Wawancara Klinis, Media Blok Aljabar Abstract: The research aims to overcome the students difficulties using clinical interviews aided media block algebra in subject matter factoring quadratic polynomials in class XI SMA MIA 9 Singkawang. The method used in this research is descriptive method that oriented problem solving , with a case study. Subjects were selected in this study were four students in SMAN 9 Singkawang who have difficulty in factoring quadratic polynomials. Data collection technique used is the technique of testing and direct communication techniques. Data collection instrument that is used is an essay written test and interview guidance. The results showed that the clinical interview -assisted algebra blocks media provide excellent impact in overcoming the difficulties of students in factoring quadratic polynomials. Key word: Clinical Interviews, Media Block Algebra