Pendidikan Alternatif Anak Usia Sekolah Dalam Peningkatan Kesejarteraan Masyarakat Melalui Membaca
Main Author: | Ilmi, Bachrul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Balai Diklat Keagamaan Denpasar
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://widyadewata.kemenag.go.id/index.php/widyadewata/article/view/37 https://widyadewata.kemenag.go.id/index.php/widyadewata/article/view/37/26 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengungkap konsep membaca alam dengan pendidikan alternatif untuk anak usia sekolah. Kampoeng BATARA (Baca Taman Rimba), merupakan inisiasi seseorang dengan tujuan menyelamatkan hak bermain anak menggunakan pendekatan praktik pada sumber informasinya, yaitu berbasis alam. Melalui metode pembelajaran yang diterapkan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sosial sahabat cilik dan kesejahteraan masyarakat di lingkungannya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini dikaji dengan penggalian data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak jangka pendek dan jangka panjang dari aktifitas Kampoeng BATARA terhadap kehidupan social dan kesejahtereaan masyarakat. Dampak jangka pendeknya yaitu: pengetahuan yang didapat siswa adalah nyata, melalui akses langsung ke sumber pengetahuan; secara psikologis, ketakutan siswa terhadap orang asing hilang, karena konsep tamu adalah guru; hubungan sosial antara peserta dengan masyarakat menguat; perekonomian masyarakat meningkat dengan jiwa wirausaha yang ditanamkan; serta minat membaca siswa meningkat. Selanjutnya, dampak jangka panjangnya yaitu: meluasnya akses pendidikan secara berkelanjutan dan menghilangkan stigma tentang pendidikan yang belum terjangkau di daerah terpencil.