Profil Berpikir Aljabar Siswa MTs Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin: Students Algebraic Thinking Profile In Solving Mathematics Problem Based On Gender
Main Author: | Kurniawan, Arief |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Balai Diklat Keagamaan Denpasar
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://widyadewata.kemenag.go.id/index.php/widyadewata/article/view/11 https://widyadewata.kemenag.go.id/index.php/widyadewata/article/view/11/4 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan jenis kelamin melalui tiga tahap pemecahan masalah (mengekstraksi informasi dari situasi, representasi matematika, dan menafsirkan dan menerapkan temuan matematika) dan enam indikator berpikir aljabar (generalisasi, abstraksi, berpikir analitis, berpikir dinamis, pemodelan, dan organisasi). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dua subjek penelitian: siswa pria dan siswa wanita dengan kemampuan matematika yang setara. Data penelitian diperoleh melalui wawancara berdasarkan jawaban tugas yang diberikan, hasil wawancara diperiksa validitasnya dengan menggunakan triangulasi waktu dimana subjek diberikan tugas penyelesaian masalah yang setara pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek pria memenuhi enam indikator berpikir aljabar, sedangkan subjek wanita hanya memenuhi lima indikator berpikir aljabar yaitu generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, pemodelan, dan organisasi. Subjek wanita tidak menunjukkan berpikir analitik dalam memecahkan masalah. Peneliti menyarankan hasil penelitian ini dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan dan melatih berpikir aljabar kepada siswa mereka. This study aimed to describe students algebraic thinking profile in solving mathematical problems based on gender through three stages of problem solving (extracting information from situation, mathematical representation, and interpreting and applying mathematical findings) and six algebraic thinking indicators (generalization, abstraction, analytical thinking, dynamic thinking, modeling, and organization). This research used qualitative approach with two subjects: male student and female student with equal mathematical ability. Data obtained through based on tasks interviews were checked for validity by using time triangulation that is assigned equivalent problem-solving tasks at different times. The results showed that the male subject met the six indicators of algebraic thinking, while the female subject met the five algebraic thinking indicators of generalization, abstraction, dynamic thinking, modeling, and organization. She did not show analytic thinking in solving problems. Researcher suggests the results of this study can be used by teachers to develop and train algebraic thinking to their students.