Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kota Jambi
Main Author: | Hartini, Hartini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Keguruan
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/73 http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/73/73 |
Daftar Isi:
- One of the benchmarks of students’ quality can be seen from the students' learning outcomes achieved at the end of the learning process. Factors that affect students’ learning outcomes are the socioeconomic status of parents and student motivation to learn. The study was done at the Vocational High School 1 of Jambi. Population in this study were 124 students of the Accounting Program. The samples were 62 students from class XI majoring in accounting selected by purposive random sampling. Data were analyzed by using simple and multiple linear regression. The results showed that: 1) there is a positive and significant influence of socio-economic status of parents on studens’ learning outcomes at 35.1%; 2) there is a positive and significant influence of motivation to learn on students’ learning outcomes at 59.1%; and 3) there is a positive and significant influence of socio-economic status of parents and learning motivation on students’ learning outcomes in Productive Accounting course at 62.5%.Keywords: socioeconomic status of parents, motivation to learn, student achievementABSTRAKSalah satu tolak ukur kualitas peserta didik dapat dilihat dari prestasi belajar yang diperoleh siswa diakhir proses pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar. Tempat penelitian ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri I Kota Jambi sebanyak 124 Orang Siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi sekolah menengah kejuruan negeri I kota jambi sebanyak 62 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif Akuntansi SMK Negeri I Kota Jambi sebesar 35,1 %. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran produktif Akuntansi SMK Negeri I Kota Jambi sebesar 59,1 %. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif Akuntansi SMK Negeri I Kota Jambi sebesar 62,5 %.Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa