Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa

Main Author: Sumirat, Lusia Ari
Other Authors: Universitas Terbuka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Keguruan , 2014
Online Access: http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/56
http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/56/56
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kooperatif tipe TTW berbantuan modul. Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimental semu yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengkaji kemungkinan hubungan peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematika sebagai akibat diperlakukannya pemberian belajar dengan menggunakan strategi TTW pada kelompok eksperimen dan strategi ekspositori pada kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pretest-posttest. Dalam penelitian ini subyek penelitian diberikan tes awal untuk mengukur kemampuan awal mereka. Subjek penelitian dipilih secara acak, pemilihan secara acak diasumsikan dapat memilih dua kelompok dengan subyek yang mempunyai karakteristik sama. Pemberian tes awal juga lebih meyakinkan peneliti bahwa mereka mempunyai kemampuan awal yang sama atau tidak. Sedangkan post-tes digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi dan disposisi matematis setelah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Metro tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan selama 10 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil tindakan pada dua kelas yang memiliki kemampuan awal relatif sama yaitu X.6 sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional tipe ekspositori) dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol (pembelajaran dengan strategi TTW). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatip tipe TTW lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dam disposisi matematis siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional tipe ekspositori. Hal ini didukung oleh hasil post-tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh tingkat efektifitas ES = 1, 031 yang berarti bahwa efektivitas strategi TTW dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong tinggi. dan berdasarkan data hasil angket disposisi matematis siswa dengan tingkat efektifitas diperoleh ES = 0,681 yang menunjukkan bahwa strategi TTW efektif meningkatkan disposisi matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Kata Kunci : Kooperatif, Think Talk Write (TTW), ekspositori, efektifitas, disposisi matematis, dan kemampuan komunikasi matematis. ABSTRACT This research aims to know the effectiveness of Think-Talk-Write learning in increasing the student’s ability in mathematical communication and disposition. The learning strategy was the problem-based learning strategy with the cooperative approach of TTW facilitated by a module. The method of the research was a quasi-experimental method; it was a research which its purpose to review the possibility of the increasing relation of mathematical communication and disposition as a result of applying the learning process by using the TTW strategy to the experiment group and the expository strategy in a control class. The design used in this research was a control group pretest-posttest. In this research the research subject werte given the pretest to measure their beginning ability. The subjects of this research were chosen randomly which were assumed that it would create two groups with the subject who had the similar abilities. By giving the pretest also it would convince the researcher if they had whether the similar or different abilities. The posttest was used to measure the ability in mathematical disposition and communication after applying the learning strategy. The subject of this research was the X student of the State Senior High School 1 Metro in the year of 2012/2013. The research was done for 10 meetings with its planning doing and evaluating the applying result of two classes which have relatively the same beginning ability such as class X.6 as the control class( the conventional learning of expository type) and class X.7 as a control class ( The TTW Learning strategy). The result of the research showed that the application of the cooperative learning strategy of TTW type was more effective in increasing the student’s ability in mathematical communication and disposition if it was compared with conventional learning of expository type. It was supported by the posttest result of the student’s ability in mathematical communication could reach the effectiveness ES = 1,032 which means that effectiveness of TTW strategy in increasing the student ability in mathematical communication was significant or high. Based on the result of student mathematical disposition questionnaire had reached the effectiveness ES = 0,681, it showed that TTW strategy was effective in increasing the student mathematical disposition compared to the expository learning. Keywords : Cooperative, Think-Talk-Write (TTW), expository, effectiveness, disposition of mathematical, and the abality of mathematical communication.