Peningkatan Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Peserta Didik SMK Negeri Di Kabupaten Kuningan

Main Author: Heryani, Yeni
Other Authors: Universitas Terbuka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Keguruan , 2014
Online Access: http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/5
http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/5/5
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menerapkan metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematik peserta didik. Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran langsung; (2) peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematik peserta didik kelompok tinggi, sedang dan rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; serta (3) sikap siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Negeri di Kabupaten Kuningan dengan mengambil sampel 4 kelas dari kelas X Jurusan Pemasaran yang ada di SMK Negeri 2 Kuningan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan koneksi dan komunikasi matematik siswa dan angket sikap yang digunakan untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata untuk mengetahui peningkatan yang lebih baik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta ANOVA satu arah dengan uji Scheffe untuk mengetahui peningkatan yang lebih baik antara kelompok tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada sekolah level tinggi maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung. Peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematik peserta didik kelompok sedang lebih baik dari kelompok tinggi dan rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, serta peserta didik menunjukkan sikap positif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat mengubah paradigma pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Kejuruan dari yang menekankan pada hasil berpikir ke yang menekankan pada proses berpikir. Guru juga hendaknya mempersiapkan terlebih dahulu pembelajaran dengan cara mendesain posisi tempat duduk sebelum pembelajaran dimulai sehingga waktu yang telah ditetapkan digunakan dengan tepat. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Koneksi Matematik, Kemampuan Komunikasi Matematik, Sikap Peserta Didik. ABSTRACT This experimental researh was aimed at inverstigating the effect of applying Jigsaw cooperative learning model on students mathematical connection and communication abilities, as well as identiying students attitude toward Jigsaw Cooperative Learning model.. The population of this study was all students of SMK Negeri in Kuningan, while the sample was four classes of grade X of the Marketing Department at SMK Negeri 2 Kuningan. Data was collected through test on mathematical connection and communication ability, as well as attitude scale. Independent samples t-Test and One Way ANOVA with Scheffe Test were used to analyze the data. The results showed that: abilities improvement on mathematical connection and communication abilities ofstudents who attended instructions with Jigsaw Cooperative Learning Model were better than those attended direct instruction; in the group treated through Jigsaw Cooperative Learning Model, the improvement of mathematical connection and communication abilities of medium group were better than high and low groups; and students showed positive attitude toward Jigsaw Cooperative Learning Model. Keywords: Jigsaw Cooperative Learning Model, Ability of Mathematical Connection, Ability of Mathematical Communication, Students’ Attitude.