Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS
Main Author: | Nataliasari, Ike |
---|---|
Other Authors: | Universitas Terbuka |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Keguruan
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/4 http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/4/4 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis tentang kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada di Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2012/2013 pada level menengah. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Falah yang diambil secara acak terpilih kelas VIII-B terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji ANOVA dua jalur menggunakan General Linear Model Univariate Analysis. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah, dan (3) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pengetahuan awal matematis kelompok siswa (tinggi, sedang, rendah) dalam kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa. Temuan selama penelitian menunjukkan bahwa terdapat konstribusi dari setiap fase TPS, diantaranya: (1) Think: pembelajaran menggunakan TPS memberikan kesempatan kepada siswa berpikir secara mandiri, (2) Pair: selama proses pembelajaran secara berkelompok mendorong siswa mempunyai daya nalar yang tinggi dan kreatif dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan, (3) Share: kegiatan ini mampu memberikan kepuasan tersendiri dan rasa percaya diri dalam diri siswa. Lebih lanjut siswa dilatih untuk mampu secara mandiri maupun berkelompok mempertanggungjawabkan hasil kerjanya dalam kelompok. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Penalaran Matematis, Pemecahan Masalah Matematis. ABSTRACT This experimental study was aimed at analysing the effects of Think-Pair- Share (TPS) cooperative learning on students reasoning ability and mathematical problem solving. The population of this study was all students of Islamic Junior High Schools (MTs) of the 2012/2013 academic year in Tasikmalaya; while.the randomly taken sample was students of MTs Nurul Falah. Two classes were choosen, one class (VIIB) was assigned as experimental class and class VIII-C as control class. The instrument used was test on mathematical reasoning and problem solving ability. Data was analyzed using two different average test and ANOVA.The results showed that: (1) the improvement of student’s reasoning and problem-solving abilities treated through TPS Cooperative Learning was better than those treated through conventional model, (2) there were improvement differences of reasoning and mathematical problem solving abilities in both classes, in terms of high, medium, and low level capabilities, and (3) there was interaction between learning and mathematical prior knowledge of students group (high, medium, low) in reasoning ability and mathematical problem solving. There was also revealed that there was a contribution for each phase of the TPS Cooperative Learning on student’learning. Keywords: Cooperative Learning, Think Pair Share (TPS), Mathematical Reasoning, Mathematical Problem Solving.