Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya
Main Author: | Muharom, Tria |
---|---|
Other Authors: | Universitas Terbuka |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Keguruan
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/2 http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/2/2 |
Daftar Isi:
- Kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik selama ini kurang dikembangkan dengan baik. Hal ini disebabkan faktor kepasifan dari peserta didik dan pemilihan model pembelajaran yang kurang relevan yang berpengaruh terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik. Dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik, penerapan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) diharapkan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri di Wilayah Timur Kabupaten Tasikmalaya, yaitu SMK Negeri Manonjaya. Sampel satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol diambil secara acak (random). Analisis hipotesis dilakukan dengan uji-t, Anova dua jalur, dan korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung; (2) kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan level kemampuan awal; (3) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung; (4) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan level kemampuan awal; serta (5) terdapat korelasi antara kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif , student teams achievement division(STAD), penalaran matematik, komunikasi matematik. ABSTRACT Students ability of mathematical reasoning and mathematical communication is still low due to many factors, one of which is the limitation of learning model applied by the teacher.Due to that problem, this experimental study was aimed at investigating the influence of Cooperative Learning Model with Student Team Achievement Division (STAD) on students mathematical reasoning and communication abilities. The experimental design was post-test only control group. The population wasstudents of SMK Manonjaya, Tasikmalaya; while randomly selected sample was two classes.one class was assigned as experimental group and the other as control group. Data was collected through essay test for mathematical reasoning and communication abilities, as well as observation on learning activities.T-test, two ways Anova, and Pearson correlation were applied to analyze the data. The results showed that: (1) mathematical reasoning ability of students treated through STAD cooperative learning model was better than thosetreated throughdirect learning; (2)by the level of initial ability, mathematical reasoning abilities of students, treated through STAD cooperative learning model was better than thosetreated through direct learning; (3) ability of student’s mathematical communications, treated through STAD cooperative learning was better than those treated through direct learning; (4) by the level of initial ability, mathematical communication skills of students, treated through STAD cooperative learning was better than those,treated through direct learning; and (5) there was correlation between student’s mathematical reasoning ability and student’s mathematical communication ability. Keywords: cooperative learning, student teams achievement division(STAD), mathematical reasoning, mathematical communication.