Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknik SQ4R Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya

Main Author: Rustina, Ratna
Other Authors: Universitas Terbuka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Keguruan , 2014
Online Access: http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/13
http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/13/13
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk memberikan alternatif model Pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa, dan memberikan kesempatan kepada siswa menjadi lebih kritis dalam berpikir matematis. Hal ini dilakukan karena selama ini Pembelajaran matematika yang biasa dilakukan didominasi oleh guru, serta sistem evaluasi yang lebih berorientasi pada hasil kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar. Model Pembelajaran Kontekstual dengan teknik SQ4R merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen di SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya dan dilakukan untuk menjawab dua hipotesis utama, yaitu: (1) Pembelajaran kontekstual dengan teknik SQ4R dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa, (2) Pembelajaran kontekstual dengan SQ4R dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes pemahaman matematik dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Sampel penelitian dibagi secara acak dan diambil dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengolahan data menggunakan uji gain ternormalisasi, uji statistik berupa uji-t dan presentase setelah prasarat pengujian terpenuhi. Hasil analisi data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor tes pemahaman matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 5% yaitu. Begitu pula hasil analisis terhadap perbedaan rata-rata skor tes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol pada taraf signikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis secara kuantitatif terlihat bahwa adanya keterkaitan antara pemahaman matematis dengan kemampuan berpikir kritis baik pada kelas kontrol maupun pada kelas eksperimen dengan korelasi sebesar 0,861. Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa pemahaman matematis dan kemampuan berpikir kritis pada kelompok siswa yang memperoleh Pembelajaran kontekstual dengan teknik SQ4R mengalami peningkatan yang lebih baik daripada kelompok siswa yang memperoleh Pembelajaran konvensional. Terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman matematis dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Teknik SQ4R, Pemahaman Matematis dan Berpikir Kritis Matematis. ABSTRACT This pre-post randomly control group experimental study aimed at investigating the effect of Contextual Learning with SQ4R on the improvement of students mathematical understanding and critical thinking. The population of this study was all grade VIII students in SMP Negeri 8 Tasikmalaya while the randomly selected sample was two classes. One class was assigned as experimental group, treated through Contextual Learning with SQR4, and the other class as control group treated through conventional learning. Prior and after the treatment, test of mathematical understanding and critical thinking related to three dimentional flat surface were admisnistered to both groups. Normalized gain test and t-test were used to analyse the data. Results showed that mathematical understanding and critical thinking of students treated through Contextual Learning with SQ4R improved better than those treated through conventional learning. In additrion, there was also significant correlation between students mathematical understanding and critical thinking ability. Keywords: Contextual Learning, SQ4R, Mathematical Understanding, and Mathematical Critical Thinking.