Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut

Main Author: Anisa, Witri Nur
Other Authors: Universitas Terbuka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Keguruan , 2014
Online Access: http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/12
http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/12/12
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik melalui pembelajaran pendidikan matematika realistik serta mendeskripsikan sikap dan aktivitas siswa selama pembelajaran pendidikan matematika realistik. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah desain dua kelompok dengan pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Cilawu yang diambil secara acak dan terpilih kelas VII A dan VII C sebagai kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran pendidikan matematika realistik dan kelas VII B dan VII D sebagai kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi. Analisis statistik yang digunakan adalah gain score untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemampuan komunikasi matematik. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan pembelajaran pendidikan matematika realistik lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemampuan komunikasi matematik dengan pembelajaran langsung. Pembelajaran dengan pendidikan matematika realistik memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran matematika. Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Kemampuan Komunikasi Matematik, Sikap dan Aktivitas Siswa. ABSTRACT This research was aimed at analyzing the enhancement of students’ abilities in problem solving and mathematical communication through realistic mathematics education instruction, and at describing their attitude and activities during that instruction. The population was all state junior high school students in Garut region, while randomly selected sample, was the seventh grade students of SMP Negeri 3 Cilawu. The experimental design was pre-post control group design. Four classes were participated in this study. Two classes (grade VII A and VII C) were assigned as experimental groups who participated in instruction with realistic mathematics education, and the other two classes (grade VII B and VII D) as control group who participated in the direct instruction. Data was collected through test, questionnaire, and observation. The analysis of gain score showed that the enhancement of students’ abilities on problem solving and mathematical communication who participated in instruction with realistic mathematics education was better than those who participated in the direct instruction. Descriptive analysis of data from questionnaire and observation showed that realistic mathematics education instruction enabled students to be active and to have positive attitudes toward mathematics. Keywords: Realistic mathematics education instruction, mathematical problem-solving ability, mathematical communication ability, students’ attitudes and activities.