Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Software Geogebra (Studi Eksperimen Di SMAN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Propinsi Banten)

Main Author: Siswanto, Retno
Other Authors: Universitas Terbuka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Keguruan , 2014
Online Access: http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/11
http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/11/11
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai peningkatan penalaran dan koneksi matematis melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sebuah SMA Negeri di Kabupaten Lebak, dengan sampel terdiri dari tiga kelas. Dua kelas ekperimen yaitu kelas yang memperoleh pembelajaran trigonometri dengan model pembelaran kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra (E1) dan kelas yang memperoleh pembelajaran trigonometri dengan model pembelajaran tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra (E2). Sedangkan kelas pembanding atau kelas kontrol yaitu kelas yang memperoleh pembelajaran trigonometri dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes kemampuan penalaran matematis dan kemampuan koneksi matematis, bentuk essay dan format observasi. Data berupa hasil tes yaitu hasil pretes dan postes dianalisis secara kuantitatif, sementara itu data berupa hasil observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra, (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung, (3) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung, (4) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra, (5) tidak terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung, dan (6) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis dan Software Geogebra. ABSTRACT This quasi experimental research aims at obtaining information on the improvement of reasoning and mathematical connections through the application of STAD cooperative learning model with Geogebra software.The population of this study was the students of a high school in Lebak Regency, while the sample consited of three classes. Two classes were assigned as experimental group, one class was treated with Trigonometry material through STAD cooperative learning model with Geogebra software (E1) and the other class treated through STAD cooperative learning model without Geogebra software (E2). Meanwhile, the third class was assigned as comparison or control class, treated with Trigonometry material through direct learning model. Essay test and observation were administered prior and after the treatment. The result shows that (1) there were differences in mathematical reasoning ability between students treated through STAD cooperative learning model with Geogebra software and those treated through STAD cooperative learning model without Geogebra software, (2) there were no differences in mathematical reasoning ability between students treated through STAD cooperative learning model without Geogebra software and those treated through direct learning model, (3) there were differences in the mathematical reasoning ability between students treated through STAD cooperative learning model with Geogebra software, and those treated through direct learning model, (4) there were differences in the mathematical connections between students treated through STAD cooperative learning model with Geogebra software and those treated through STAD cooperative learning model without Geogebra software, (5) there were no differences in mathematical connections ability between students treated through STAD cooperative learning model without Geogebra software and those treated through direct learning model, and there are differences in the mathematical connections between students treated through STAD cooperative learning model with Geogebra software, and those treated through STAD cooperative learning model without Geogebra software, (6) there were differences in the mathematical connections between students treated through STAD cooperative learning model with Geogebra software and those treated through direct learning model. Keywords: STAD Cooperative Learning Model, Mathematical Reasoning Ability, and Mathematical Connection Ability.