PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X1 IPA SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA (STUDI PADA MATERI POKOK ASAM-BASA)

Main Author: Vegatama, Metia Rezki
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Papua, Manokwari, Indonesia , 2019
Subjects:
Online Access: https://journalfkipunipa.org/index.php/accej/article/view/73
https://journalfkipunipa.org/index.php/accej/article/view/73/48
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) pengaruh penggunaan media macromedia flash dan powerpoint pada pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa kelas XIIPA SMA Negeri 2 Sungguminasa (Studi pada materi pokok asam basa); (ii) pengaruh penggunaan media macromedia flash dan powerpoint pada pembelajaran langsung terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XIIPA SMA Negeri 2 Sungguminasa (Studi pada materi pokok asam basa). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pretest-posttest control design dengan sampel pada masing-masing kelas eksperimen dan kontrol berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pemberian angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar kimia siswa. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 84,40 dan rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 79,78. Hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen yaitu 83,56 dan kelas kontrol yaitu 78,46. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) penggunaan media Macromedia Flash dan Powerpoint pada pembelajaran langsung berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Sungguminasa (studi pada materi pokok asam basa); (ii) penggunaan media Macromedia Flash dan Powerpoint pada pembelajaran langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Sungguminasa (studi pada materi pokok asam basa).